Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penyakit Parasit Kambing ( Kutu dan Tengau)


Hidup bersama kambing tidak berarti Anda harus hidup dengan tungau, dan kutu. Parasit eksternal seringkali tidak tampak, tapi mereka dapat menyebabkan infeksi bakteri kulit. Anda dapat mencegah infeksi tersebut dengan perawatan rutin, menghindari ruangan kepadatan kambing Anda,  mengidentifikasi dan mengobati sejak awal.

Kutu

Kambing bisa mendapatkan dua jenis kutu: kutu menggigit dan kutu menghisap. Kutu Menggigit makan sel-sel kulit mati pada kambing dan membuat mereka gatal. Sedangkan kutu menghisap lebih serius - mereka tidak hanya menyebabkan gatal, tapi mereka menghisap darah kambing ', yang dapat menyebabkan anemia.

Kutu cenderung mengambil tempat tinggal di kambing di bulan musim dingin ( bisa musim hujan atau daerah dengan suhu yang cukup dingin). Anda biasanya dapat mengetahui bahwa kambing memiliki kutu karena menunjukkan tanda-tanda gatal. Bulu-bulu yang mungkin mulai terlihat kasar, dan kambing akan gosokkan pada pagar atau dinding kandang (lebih dari biasanya), memiliki ketombe, kehilangan beberapa rambut ( rontok sedikit), dan mengunyah bulu pada dirinya sendiri.

Anda dapat melihat kutu atau telur keabu-abuan mereka (disebut nits) dengan memeriksa bagian atas punggung kambing dengan kaca pembesar. Anda perlu mikroskop untuk menentukan apakah Anda sedang berhadapan dengan kutu penghisap atau  kutu penggigit.  kutu penghisap memiliki kepala besar, dan kutu penggigit memiliki kepala kecil. Seperti pada gambar di bawah:

Kepala kutu penggigit (kiri) lebih kecil dibandingkan dengan kutu penghisap (kanan).

Anda sering dapat mengontrol kutu hanya dengan teratur menyikat kambing atau menjemur kambing ketika cuaca lebih hangat. Jika kutu kambing tidak parah - mengalami rasa gatal dan rambut rontok - bahkan tanpa perawatan, kutu akan pergi sendiri, ketika cuaca hangat dan kambing menghabiskan lebih banyak waktu di bawah sinar matahari.

Untuk kasus yang lebih parah, Anda dapat mengobati kambing dengan produk yang mengandung permethrin.

Tungau

Seperti kutu, tungau kambing merundung terutama selama bulan-bulan dingin. Mereka datang dalam dua jenis: menggali dan non-menggali. Tungau non-menggali biasanya mulai di daerah berbulu tubuh, seperti ekor, dan kemudian bekerja dengan cara mereka sepanjang tubuh. Mereka melekat pada kulit dan tusukan, melepaskan cairan tubuh. Anda dapat melihat lapisan kulit berkerak dan rambut rontok pada kambing saat tungau menyerang. Beberapa tungau hidup di telinga kambing. 

Tungau yang menyebabkan kudis pada manusia. Mereka mulai menyerang di daerah yang gundul atau memiliki sedikit rambut, seperti wajah kambing atau telinga. Mereka menyebabkan gatal dan botak di kulit dan akhirnya dapat menyebabkan kerontokan rambut/bulu dan penebalan kulit. 

Anda bisa menyingkirkan kedua tungau menggali dan tungau non-menggali tungau dengan subkutan (di bawah kulit) suntikan ivermectin. Untuk hasil terbaik, memperlakukan seluruh ternak dan melakukan perawatan kedua untuk memastikan bahwa semua telur yang menetas setelah pengobatan awal yang mati.

Kutu dan keds

Kutu dan keds (juga disebut kutu lalat) yang bersayap, serangga melompat yang dapat mendiami kambing, biasanya pada musim semi atau musim panas. Semua dari mereka adalah penghisap darah, dan bisa menyebabkan masalah yang serius. Kambing bisa mendapatkan kutu dari anjing dan kucing, dan keds dari domba / gibas

Jika Anda memiliki kutu kambing atau keds, Anda mungkin melihat mereka menggosok, menggaruk, dan mengunyah, dan Anda akan dapat melihat serangga ini setelah pemeriksaan. Anda dapat mengobati kambing dengan salah satu produk yang bekerja pada kutu, seperti debu Co-Ral atau Ultra Boss Pour-on.

Kutu

Jika kambing Anda merumput di atau dekat hutan, mereka menjadi sasaran kutu. Kutu bisa lebih dari sekedar hama karena mereka dapat menyebarkan penyakit Lyme, Rocky Mountain spotted fever, dan penyakit lainnya yang mempengaruhi kambing dan manusia. Kutu bisa masuk ke dalam kulit kambing, jadi segera bersihkan jika Anda melihatnya. Seekor kutu yang melekat pada seekor kambing terlihat seperti tag kulit dan dapat menjadi besar seperti penghapus pensil.

Untuk membasmi kutu, pegang dengan pinset sedekat mungkin dengan kepala atau mulut dan tarik perlahan sampai tercabut. Untuk mengetahui jenis kutu apakah itu Anda dapat memasukkan dalam botol alkohol untuk nantinya diperiksa agar tahu jenis obat yang tepat untuk mencegah dan mengobatinya. Untuk mencegah kutu di masa depan, Anda dapat mengobati kambing dengan pour-on atau semprot yang berisi insektisida permethrin alami.

* (Rocky Mountain spotted fever (RMSF) disebabkan oleh bakteri Rickettsia rickettsii. Gejala termasuk sakit kepala, mialgia, dan ruam yang khas biasanya dimulai pada pergelangan tangan, pergelangan kaki, telapak tangan dan telapak kaki. Pengobatan biasanya tetrasiklin.

Kutu yang mengirimkan Rocky Mountain spotted fever termasuk Amblyomma americanum (lone star), Dermacentor variabilis (anjing) dan Dermacentor andersoni (kayu)

** penyakit Lyme adalah ruam merah yang dikenal sebagai eritema migrans (EM). Ruam-tanda dimulai sebagai sebuah titik merah kecil di tempat gigitan kutu. Tempat mengembang selama hari atau minggu, membentuk ruam melingkar atau berbentuk oval. Kadang-kadang ruam menyerupai mata banteng, muncul sebagai cincin merah di sekitar area yang jelas dengan pusat merah. Ruam, yang dapat berbagai ukuran dari yang sepeserpun untuk lebar punggung Anda, muncul dalam beberapa minggu gigitan kutu dan biasanya di tempat gigitan. Seperti menyebar infeksi, ruam dapat muncul di lokasi yang berbeda pada tubuh.

Untuk Selanjutnya saya akan membahas parasit cacing pada ternak kambing, sapi dan ayam

LIHAT JUGA CARA TRADISIONAL MENGATASI BELATUNG PASCA MELAHIRKAN KLIK

Mari di share untuk kebaikan bersama